W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012
Home » 2010 » May

Lelaki yang Bersedekah dengan Kehormatan Dirinya

Ia tidak punya apa-apa. Ketika Rasulullah saw menganjurkan para sahabat dan kaum Muslimin agar bersedekah, Albah bin Zaid, nama lelaki Anshar itu, mendapati dirinya tak punya sesuatu untuk disedekahkan. Tentu saja maksudnya harta. Tiba-tiba ia melantunkan sebuah do’a. “Ya Allah, aku tidak punya harta yang bisa aku sedekahkan. Maka, siapa saja dari kaum Muslimin yang [...]

Modus-Modus Kecurangan dalam Pilkada, Mainkan DPT hingga Serangan Fajar

Ada tengara bahwa kecurangan selalu mewarnai pelaksanaan pemilihan umum (pemilu). Baik itu pemilihan kepala daerah (bupati/wali kota/gubernur), legislatif, maupun presiden. Benarkah anggapan itu? Jawa Pos berhasil mewawancarai sejumlah pihak yang mengaku pernah melakukan kecurangan tersebut dalam beberapa pemilu sebelumnya. Berikut laporannya.

Read More

Sekretariat Gabungan: Konsolidasi Koalisi Permanen?

Oleh Kacung Marijan Guru Besar FISIP Universitas Airlangga Jawa Pos, 17/05/10 Membangun pemerintahan demokratis dan stabil di dalam negara yang memiliki masyarakat majemuk dan sistem multipartai memang tidak mudah. Secara terang-terangan, ilmuwan politik Prancis, Maurice Duverger (1954), pernah mengatakan bahwa sistem dua partai itu lebih cenderung mendukung terbangunnya pemerintahan yang stabil. Sebaliknya, sistem multipartai dianggap [...]

Read More

Orang-Orang Menjauh?

Ini memang hanya pertanyaan: mengapa orang-orang dekat menjadi jauh? Pertanyaan ini mungkln tidak untuk semua kita. Barangkali hanya sebagian kita. Tapi, entahlah bila kenyataan sesungguhnya, itu adalah pertanyaan untuk semua kita. Ya, sebab boleh jadi kebanyakan kita tiba-tiba merasakan suasana itu. Suasana sunyi.

Read More

PKS Akhirnya Merapat Ke SUCI

Setelah menunggu beberapan waktu bahkan sempat diklaim calon lain, Partai Keadilan Sejahtera akhirnya menurunkan rekom dukungan kepada pasangan Bupati-Wakil Bupati Saiful Ilah-NG Hadi Sutjipto (SUCI).

Read More

Makna Tiada Akhir Perjuangan

Seperti perputaran siang dan malam, setiap kita punya siklus pribadi yang nyaris rutin. Mungkin ada dinamika di sebaoian waktunya. Semacam lonjakan atau turunan ritme yang tajam. Tapi tak setiap saat kita mengalami gejolak besar, berlompatan dengan kacau.

Read More

Membangun Kemandirian

Oleh Budi Hartono dan Taufik Hidayatullah “Rekreasi terbaik adalah bekerja. Musibah terbesar adalah keputusasaan. Keberanian terbesar adalah kesabaran. Modal terbesar adalah kemandirian.” (Ali Bin Abi Thalib)

Read More