W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Kades Dipersalahkan

(Surabaya Post, 23/01/09) Kepala Desa Bendotretek, Kecamatan Prambon, Sidoarjo, Suwarno, yang beberapa hari lalu diunjuk rasa warga dipersalahkan karena telah membuat surat kuasa penjualan tanah gogol kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan pemilik.

Dalam dengar pendapat (hearing) antara Kades Suwarno, warga Desa Bendotretek, dan Komisi A, Kamis (22/1), Suwarno terpojok. “Surat kuasa tak bisa dikeluarkan sembarangan. Kalau Pak Kades lengah habis tanah di Bendotretek,” ujar Ahmad Ali Fauzan, salah satu yang memimpin rapat.

Sebelumnya, dalam unjuk rasa di alun-alun dua hari lalu, warga Bendotretek melaporkan Kades Suwarno yang menyerahkan penjualan tanah gogol kepada pihak ketiga tanpa sepengetahuan para pemilik gogol. Luas tanah gogol itu mencapai 90 hektare. Sebagian telah resmi terjual.

Suwarno juga dipersalahkan karena tak seharusnya menjual tanah gogol. “Seorang kades tidak berhak menjual tanah gogol. Kalau sekedar ikut menjadi saksi penjualan itu tak masalah,” ujar Iswahyudi, anggota Komisi A yang ikut hadir.

Suwarno sendiri mengatakan, surat kuasa tersebut sudah dicabut sebelum warga demo dua hari lalu. “Saya akui saya memang tidak berembuk dulu dengan warga. Soal surat kuasa itu sudah kami cabut,” ujar Suwarno.

Menurut Sekretaris Komisi A Helmi Musa, pertemuan itu menyepakati bahwa kerugian yang ditimbulkan akibat penggunaan surat kuasa buatan Kades itu akan dirapatkan di desa dengan pembinaan camat, Bagian Pemerintahan, dan Bagian Hukum Pemkab Sidoarjo.

Terkait persoalan lain, termasuk dugaan penyelewengan 10 dari 62 ekor kambing bantuan Dinsos Jatim, semua sepakat bahwa hal itu akan dibicarakan di rapat desa. “Warga juga mengimbau Polres Sidoarjo memberikan perhatian serius terhadap tindak premanisme di Bendotretek yang terjadi akhir tahun lalu terkait dengan kasus ini,” ujar Helmi. (faz)