W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Pencabut Duri Bandeng Terima PKS Award

(Republika, 20/12/08) SIDOARJO – Dalam rangka peringatan Hari Ibu, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sidoarjo memberikan penghargaan “PKS Award” kepada Ny Nur Suriati, sosok perempuan pencabut duri bandeng.

Ketua Bidang Wanita DPD PKS Sidoarjo, Lina Ariani di Sidoarjo, Sabtu siang, mengatakan, dipilihnya perempuan asal Kecamatan Sedati ini sebagai salah satu dari delapan “inspiring women” atau perempuan pemberi inspirasi karena kiprahnya mengilhami warga setempat yang mayoritas sebagai petani tambak bandeng di daerah itu.

Kiprah Nur, kata Lina, membuat para petani bandeng itu lebih berkreasi lagi dalam memasarkan produksi mereka. “Tidak saja menjual bandeng-bandeng itu dalam bentuk mentah atau presto yang selama ini sudah dilakukan,” katanya.

Tetapi, melalui sentuhan tangan Nur, para petambak bandeng itu terorganisasi untuk melatih kelompok mereka sendiri membuat bandeng tanpa duri bekerja sama dengan akademi perikanan.

“Apalagi bandeng adalah ikon Sidoarjo. Sangat tepat kiranya sosok Bu Nur kami nilai sebagai wanita penginspirasi bagi kaum hawa di kota ini untuk bidang ekonomi. Dan lagi, kiprahnya riil sudah dirasakan masyarakat di daerah itu,” ujar Lina.

Nur sendiri termasuk satu dari 8 perempuan pemberi inspirasi yang dianugerahi “PKS Award” oleh PKS Sidoarjo. Selain Nur, 7 perempuan lainnya berasal dari 7 bidang berbeda.

Pada bidang birokrasi, penghargaan diberikan kepada Kepala Badan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan PEmkab Sidoarjo, dr Tri Ratih Agustina. Berikutnya, Endang Suryati untuk bidang lingkungan hidup, Hj Fatma Assegaf dalam bidang keagaman yang dinilai sebagai perekat kerukunan antar umat beragama, dan Jujuk Rusdiya pada bidang sosial kemasyarakatan.

Selanjutnya, Umi Kulsum pada bidang pendidikan dengan penilaian sebagai guru tangguh lantaran jarak tempuh mengajarnya yang relatoif jauh dan harus menyusuri sungai.

Kemudian Nanik Hidayati pada bidang kesehatan sebagai bidan muda berbakat, dan Maryam pada bidang pelestari budaya Sidoarjo karena dediksainya sebagai pengrajin batik tulis Jetis.

Sementara itu, Ketua Panitia 8 Inspiring Women, Sri Utami mengatakan, pemberian award kepada 8 tokoh wanita ini oleh PKS untuk membangun kesadaran politik perempuan dalam peranannya di masyarakat.

Masih satu rangkaian dengan acara itu, kader-kader perempuan PKS juga mambagi-bagikan puluhan bunga mawar kepada pengendara di seputar alun-alun Sidoarjo. – ant/ahR