W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

PKS Siapkan 117 Balon Legislator

(Radar Surabaya, 28/07/08) Sukolilo – 117 kader Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jatim siap bersaing dalam pemilihan legislatif (Pileg) 2009. 42 di antaranya atau sekitar 36 persen adalah kader perempuan. Mereka siap bersaing dengan kader parpol lainnya berebut kursi empuk DPRD Jatim.

Ketua DPP PKS Jatim-Bali Sigit Sosiantomo mengatakan PKS menarget 15 persen untuk anggota DPR RI daerah pemillhan(dapil) Jatim. Pun dengan anggota DPRD Jatim. “Kita prioritaskan usia produktif tapi sarat pengalaman,” ujarnya usai rapat koordinasi calon anggota dewan (CAD) pusat-wilayah PKS, kemarin.

Untuk DPRD Jatim, PKS menjaring 117 nama, yang 42 di antaranya adalah kader perempuan. “Ini,” terang Sigit, “merupakan komitmen PKS atas keterwakilan perempuan dalam berpolitik. “Kader perempuan PKS juga punya kemampuan,” tandasnya. Sementara untuk DPR RI, PKS menjaring 103 kader.

Penjaringan CAD PKS mungkin berbeda dengan parpol pada umumnya. Panitia penjaringan tingkat wilayah (penjatiwil) dan panitia penjaringan tingkat daerah (penjatida) melakukan pemilu raya, untuk menjaring kader-kader potensial. Kemudian dilakukan jajak pendapat atas daftar nama itu, sebelum membawa hasilnya ke pengurus syuro wilayah.

“Hampir semua tidak maju atas kemauan sendiri, melainkan dorongan kader di bawah,” tambah ketua DPW PKS Jatim Ja’far Tri Kuswahyono. Kebijakan parpol pula untuk menempatkan para CAD di tingkatannya masing-masing. Ada beberapa yang dipindahkan posisinya. Misalnya Rofi’ Munawar, yang sekarang di DPRD Jatim menjadi CAD DPR RI dapil Jatim. Sigit yang sebelumnya Ketua DPP Jatim-Bali mencoba bursa CAD DPR RI. Soeripto, salah satu sesepuh PKS, kembali dimasukkan CAD DPR RI. (put)