W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Tanah Wakaf Daerah Lumpur

Libatkan Semua PihakHelmy Musa (Anggota Komisi A DPRD Kabupaten Sidoarjo)

(Surya 22 Agustus 2007) Prinsipnya, tanah wakaf tetap harus ada penggantian, agar tidak menguap begitu saja. Jika melalui proses ikatan jual beli yang dilaksanakan PT Minarak Lapindo Jaya tidak bisa menyelesaikannya, libatkan saja pihak-pihak terkait seperti Departemen Agama, BPN, dan pemkab. Mereka akan membicarakannya untuk mencari solusi terbaik.

Saya sendiri terus terang tidak bisa memberikan solusi, sebab di sini ada dua masalah yang melandasinya, yaitu hukum agraria yang biasa digunakan untuk acuan penyelesaian masalah pertanahan umum, dan hukum agama yang melanda-si masalah-masalah yang berkaitan dengan agama. Mana di antara kedua hukum tersebut yang paling cocok untuk dipakai sebagai dasar penyelesaian tanah wakaf yang terkena lumpur?(tug)

Siapkan DataSyarif M

Syarif Muhtarom (Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Sidoarjo)

SAAT ini sejumlah aset pemkab, juga tanah yang berstatus wakaf belum mendapat perhatian. Tapi masyarakat agar tetap menyiapkan data yang sejelas-jelasnya tentang status tanah tersebut. Ini yang penting data dari lokasi tanah wakaf, sebagai bekal untuk mencarikan penggantinya.

Jika memakai konsep relokasi, penggantian tanah wakaf tidak masalah. Artinya pihak Lapindo bisa menyediakan lahan dan lokasi yang ada di kawasan tersebut. Namun jika melalui Ikatan Jual Beli (IJB), maka warganya terpencar. Ini yang sulit menentukan lokasi penggantian tanah wakaf itu.

Hingga kini, DPRD belum pemah bertemu dengan pihak terkait untuk membicarakan masalah tanah wakaf ini. Pemkab yang seharusnya bisa merespons segera melakukan pendataan tentang status tanah wakaf.(iit)