W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Israel Dalang Meletupnya Konflik Hamas-Fatah

Harian berbahasa Ibrani, Haaretz, terbitan Israel menyebutkan adanya koalisi Israel dan sejumlah pimpinan Fatah, berikut pimpinan sayap keamanan Palestina di bawah kordinator Abu Mazen. Koalisi inilah, menurut laporan Haaretz, yang berada di balik aksi serangan terhadap sejumlah tokoh Hamas dan gedung-gedung pemerintahan Palestina yang dikuasai Hamas.

Dalam harian edisi hari Rabu (4/10), Haaretz mengutip pernyataan koresponden Israel bernama Haas, “Baik Israel maupun pimpinan sayap keamanan Palestina pro Abu Mazen dan pimpinan Fatah mempunyai kepentingan sama untuk menggulingkan Hamas dari pemerintahan Palestina. Perkembangan ini membuka peluang untuk melanjutkan kembali perundingan antara pemerintah Palestina dan Israel yang selama ini nyaris punah. Perundingan yang diarahkan oleh Israel untuk menutupi aksi pendudukan Palestina dan berbagai aksi kekerasan dan pemaksaan di Tepi Barat.

Haas bahkan mengatakan bahwa sesungguhnya Israel adalah pihak yang paling bertanggung jawab atas krisis ekonomi yang sangat parah dialami oleh pemerintahan Palestina di bawah Hamas. Menurut Haas, “Israel adalah pihak yang mewajibkan penangkapan, pengepungan, pemblokadean, pemenjaraan ratusan ribu orang Palestina di penjara besar, di samping pencurian harta pemerintah yang seharusnya disalurkan sebagai biaya pajak barang dan menjadi sumber keuangan bagi pemerintah Palestina.” (www.eramuslim.com)