W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Pemerintah Thailad Minta Maaf

Eramuslim.com, Jumat, 3 Nov 06
Setelah menunggu sekian lama, warga Muslim di Thailand Selatan akhirnya mendengar kata maaf dari pemerintah Thailand atas pengabaian dan penindasan yang mereka alami selama bertahun-tahun. Pernyataan maaf pemerintah Thailand pada warga Muslim di wilayah itu disampaikan langsung oleh Perdana Menteri yang baru, Surayud Chulanont, Kamis (2/11) dihadapan 1.000 pemuka Islam di Pattani, salah satu provinsi di Thailand Selatan.

Sejak Januari 2004 kerap terjadi kerusuhan antara warga dan aparat keamanan di tiga propinsi paling selatan di Thailand, hingga PM lama Thaksin Shinawatra menerapkan situasi darurat di wilayah itu, yang dikritik oleh banyak pihak. Dengan penerapan situasi darurat, aparat keamanan Thailand diberi imunitas untuk melakukan tindakan apapun, bahkan yang oleh kelompok pemantau hak asasi manusia disebut sebagai pembunuhan ekstra judisial dan penyiksaan. Sejak Januari 2004, hampir 1.500 orang terbunuh dalam berbagai bentrokan antara warga Muslim dan aparat.