W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Hei Sunatan Massal…Aha-aha

Masih ingat lagu Iwan Fals di masa kecil dahulu? Lagu yang bercerita tentang ramainya pesta sunatan masal. Pawai yang bisa menempuh ratusan meter yang dijalani oleh anak-anak yang disunat. Lengkap dengan dekorasinya. Penuh dengan musik tetabuhan.

Dulu proses sunatnya berlangsung lama. Ada upacaranya pula.

Itu dulu. Beda jauh dengan sekarang. Dan tentunya tidak ada sepatu dan sandal yang tercecer.

Ketika DPC Candi menyelenggarakan sunatan masal pada Senin pagi, 28 Desember, tidak ada arak-arakan. Yang ada terop (tenda besar). Musik nasyid tetap mengalun.

15 anak dari desa-desa di lingkup Candi seperti Balongdowo, Ngampelsari, Spande, dan Kalipecabaian dikumpulkan oleh pengurus DPC untuk menjadi peserta sunatan masal. Kegiatan tanpa disertai penarikan biaya alias gratis itu sendiri dipusatkan di Ngampelsari.

Tahun Baru Islam


“Kami membuat kegiatan sunatan masal ini dalam rangka memperingati dan menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1430 H,” ujar Ketua DPC Candi Agus Yunif.

“Pertimbangan lainnya adalah untuk mengisi liburan sekolah,” lanjut Agus Yunif, yang juga menjadi caleg dari dapil I (Sidoarjo Kota-Candi).

Acara yang dihadiri banyak warga sekitar ini dibuka langsung oleh Ketua DPD Aditya Nindiatman, ST.

Selain mendapat pelayanan sunat gratis, setiap anak mendapat satu bingkisan lengkap (berisi 1 setel baju koko, kopiah, celana, sarung, tas kecil, satu kotak susu) dan uang saku Rp 50.000

Penyunatan berjalan dengan cepat dan praktis. Tiga orang dokter dan empat perawat mampu menyunat 15 anak tersebut dalam waktu 3 jam. Acara itu sendiri dimulai sekitar jam 7 pagi dan selesai pada pukul 10.

Cepat, bukan? Dan semoga berkah sebagaimana, lanjut Iwan Fals:

“Buyung menginjak masa remaja
Seiring doa ayah dan bunda
Sebagai bekal masa depannya
Agar menjadi anak yang berguna”