W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Mengatasi Problem Umat

Umat Islam adalah umat yang dikarunai nikmat yang sedemikian besarnya oleh Allah SWT. Namun kenapa justru umat Islam (terutama di Indonesia) menjadi komunitas yang serba kekurangan dalam segala bidang, baik ekonomi, politik maupun hukum. Pentingnya menelaah problematika umat ini adalah topik sentral yang dibahas dalam Tasqif Rutin DPD PKS Sidoarjo pada hari Ahad kemarin (27/05) di SDIT Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo.

Tasqif adalah acara yang digunakan untuk meningkatkan wawasan (Tsaqofah) bagi para kader dakwah. Ini sangat diperlukan, karena seorang kader dakwah dituntut memiliki pemahaman yang menyeluruh dan mendalam sehingga mampu menjadi problem solution bagi para binaannya.

Dalam paparannya, Ust. Syaiful Arifin merinci beberapa kekurangan yang menjadi penyebab keterpurukan umat Islam saat ini. Kekurangan tersebut adalah Aqidah, pendidikan, pemahaman, dakwah, tandhim (pengorganisasian) dan akhlaq.

Tak hanya merinci kekurangan, ustad muda yang aktif di Pusda YDSF ini juga memberikan solusi jitu bagi kader dakwah untuk bisa mengentas umat ini dari ketertindasan. Solusi yang beliau tawarkan adalah :

  1. Rabbawiyah : Mengorientasikan segala urusan hanya kepada Allah
  2. Manhajiyah : Melakukan langkah-langkah yang terkonsep dan tidak asal-asalan
  3. Aulawiyah : Menerapkan skala prioritas dengan baik
  4. Waqi’iyah : Realistis dalam melakukan berbagai tindakan
  5. Mutawazinah : Seimbang dalam segala urusan.

Acara yang dihadiri oleh 109 kader dakwah se-Sidoarjo tersebut tak hanya membahas Problematika Umat saja, namun pada materi sebelumnya juga diberikan tafsir surat At-Tiin dan At-Takwir oleh Ust. Musbihin.

Untuk bisa mengikuti acara ini, diharapkan para kader menghubungi murabbi masing-masing untuk penentuan kelasnya. Tasqif Rutin ini diadakan sebulan sekali oleh Kaderisasi DPD Partai Keadilan Sejahtera.