W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

PKS Sidoarjo Kirim Tim Bantu Atasi Banjir Bangil

PKS Sidoarjo mengirim Tim P2B (Pos Penaggulangan Bencana) untuk membantu penyelesaian banjir yang melanda sebagian Bangil Pasuruan. Lima orang relawan P2B diberangkatkan pada hari Selasa (12/01).

Tim dari Sidoarjo ini menambah dan melengkapi kehadiran tim-tim P2B kabupaten/kota lainnya yang sudah hadir pada hari Senin. Tercatat, Surabaya, Gresik, Pasuruan, Malang, Batu dan lainnya sudah mengirim tim P2B-nya. Dengan berkumpulnya tim-tim P2B ini, minimal ada 20-orang relawan P2B per hari yang siap tugas di tempat bencana.

Banjir yang dimulai pada Sabtu sore (9/01) ini disebabkan luapan air sungai Kedunglarangan. Air terus meninggi pada Minggu dan hari berikutnya. Terlebih lagi dengan turunnya hujan deras.

Berdasar pantauan Siswo, salah seorang Relawan P2B Sidoarjo, air mencapai titik tertinggi di Desa Kalianyar dan Desa Kiduldalem. Di samping dilalui Sungai Kedunglarang, Desa Kalianyar memiliki tambak. Tak heran, air tumpah ruah di sini hingga bisa menenggelamkan beberapa rumah. Sementara di Kiduldalem, air mencapai 2 meter-an.

Tim P2B mendirikan 2 posko: satu di Kiduldalem dan satu di Kalianyar. Dua posko ini menjadi dapur umum yang menyuplai kebutuhan makan para korban banjir. Untuk minum, P2B menyediakan air bersih beserta tandonnya. Di samping itu, dibagikan juga pakaian layak pakai.

Aktivitas P2B lainnya adalah bersih-bersih lingkungan setelah air surut dan pengobatan gratis.

Aktivitas signifikan lainnya adalah kuras (sedot) seumur. Pasca air surut, kebutuhan utama para korban lumpur adalah air bersih. Air bersih ini yang dipakai untuk masak, mandi, cuci, bersih-bersih rumah, dan kegiatan keseharian lainnya. Hampir semua sumur, terutama di Kiduldalem, telah dikuras oleh bagian sedot sumur P2B.

Di hari Sabtu, relawan P2B Sidoarjo mengakhiri tugas setelah lima hari lamanya bersama warga korban banjir.

Menurut seorang relawan P2B Sidoarjo yang diwawancarai oleh penulis, warga korban banjir terharu dan tidak menyangka bantuan PKS bisa cepat tiba.

Sumber: Tulisan ini dibuat berdasarkan hasil wawancara dengan relawan P2B Sidoarjo. Banyak cerita-cerita menarik yang tidak bisa ditulis di sini.

Dipublikasi ulang Admin DPD PKS Sidoarjo