W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Serangkaian Kegiatan Peduli Sosial Menyambut Hari Ibu

Salah satu hikmah Hari Ibu adalah refleksi kekuatan peduli. Di saat seorang ibu mendidik anaknya, pada saat yang sama dia peduli kepada penerus bangsanya, pelanjut negerinya, dan pewaris masyarakatnya.

Dalam usaha mengejawantahan refleksi kepedulian itu, DPD PKS Sidoarjo menggelar serangkaian kegiatan peduli sosial secara masif.

Acara-acara digelar mulai dari wilayah utara hingga selatan. Tercatat mulai dari Desa Kalijaten (Kecamatan Taman), Tambaksumur dan Kedungturi (Waru), Wedi (Gedangan), Lemahputro (Sidoarjo Kota), dan Ngampelsari (Candi).

Baksos Kalijaten berhasil menangani 100 pasien. Di kecamatan Waru, tepatnya desa Tambaksumur, baksos telah mengobati 112 pasien. Menurut cerita teman, desa ini merupakan salah satu dari dua desa yang paling sulit ditembus. Akibatnya, sedikit sekali kader dari desa ini.

Seminggu sebelumnya, pengobatan yang diadakan di RT 23 RW 08 Desa Kedungturi dapat menangani 160 pasien.

Dua puluh orang warga Desa Wedi dapat ditangani oleh aktivis PKS Gedangan. Mengapa sedikit pasennya?

“Kesadaran kesehatan warga desa sini memang rendah dibandingkan desa lainnya,” papar Pak Huda, tuan rumah kegiatan baksos tersebut. Di akhir acara, Pak Huda, yang menjadi ketua RT 04 RW 02 ini “mencicipi” pengobatan bekam.

Hasil fantastis ada di baksos PKS Ranting Lemahputro. Menurut catatan medis yang dimiliki panitia, ada 189 pasien. Akumulasi pasien terbesar sepanjang pengetahuan saya. Tak heran, panitia harus mondar-mandir ke DPD mencari obat tambahan. “Lemahputro merupakan desa padat penduduknya,” jelas seorang panitia putri.

Selain itu, yang mengesankan adalah kegiatan pengobatan ini justru dipusatkan di bangunan semacam gardu cangrukan di lahan seorang tokoh PDIP.


Baksos PKS Ranting Ngampelsari diikuti dengan pembagian sembako. Meski pusat kegiatan ada di perumahan, warga desa sekitar tetap antusias mendatanginya.