W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Anggaran Kemiskinan Kecil

(Jawa Pos, 01/12/08) SIDOARJO – Tujuh prioritas pembangunan di Sidoarjo dinilai masih timpang. Ada satu prioritas pembangunan yang anggarannya kurang dari dua persen, sedangkan enam lainnya lebih dari dua persen.

Program yang kurang mendapatkan dana tersebut adalah program pengentasan kemiskinan dan pengangguran. Masalah itu menjadi perdebatan dalam panitia anggaran (panggar) yang tengah membahas RAPBD 2009. Menurut Sekretaris Komisi A Helmi Musa, program tersebut bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup dan mengentaskan pengangguran di Sidoarjo. “Apalagi bagi yang merasakan dampak langsung krisis global,” kata Helmi.RAPBD 2009 kali ini menghabiskan dana sebesar Rp 1,3 triliun. Dana itu digunakan untuk belanja tidak langsung sebesar Rp 800 miliar dan belanja langsung kurang lebih Rp 500 miliar.Kata Helmi, prioritas untuk pengentasan kemiskinan dan pengangguran hanya mendapatkan jatah 1,28 persen dari nilai belanja langsung. Yakni, sekitar Rp 6,6 miliar. Semestinya, lanjut Helmi, program pengentasan kemiskinan mendapatkan 7-10 persen. “Pengangguran semakin meningkat. Jika tidak ditangani dengan serius, dampaknya akan luas bagi kabupaten,” tutur dia. (nuq)