W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Berhenti Berusaha

“Janganlah berkecil hati karena seringkali anak kunci terakhir yang bisa membuka gemboknya.” (Trotty Veck)

Telah dikatakan dengan bijaksana, “Seorang pemenang tak pernah berhenti berusaha dan seorang yang berhenti berusaha tak pernah menang.

Berbicara tentang sukses hidup, “Faktor yang paling hakiki,” ujar James Whitcomb Riley, “adalah ketahanan-ketetapan hati untuk tak membiarkan energi atau antusiasme Anda menjadi susut karena keputusasaan yang pasti akan datang. Saya percaya bahwa dalam pekerjaan apa pun di arena kehidupan ini, yang lebih berjaya adalah orang yang punya ketetapan hati kuat biarpun bakatnya kecil dibanding dengan orang yang punya bakat besar tetapi tak punya ketetapan hati memadai.

Para pendidik terkejut mendapati sejumlah besar drop-out dari sekolah, namun di mana-mana tetap saja tak ada proses pendidikan yang menekankan bidang pembangunan mental orang muda. Dasar-dasar sukses yang menyertakan pembangunan fondasi, tak juga mendapatkan tempat dalam kurikulum akademis. Jika anak-anak kita tak diajar tentang perlunya stamina dan ketahanan sebagai sifat dasar yang hakiki untuk memindahkan mereka dari keadaan sekarang menjadi keadaan yang mereka inginkan-dari tingkat rata-rata ke tingkat unggul, kita tak perlu terkejut bila mereka telah berhenti berusaha bahkan sebelum mereka memulai.

Latihan yang diperlukan untuk mendapatkan sukses lebih besar seharusnya juga mencakup bukan hanya sekadar membaca, menulis, berhitung, dan sejumlah ilmu pengetahuan umum maupun ilmu pengetahuan alam. Kita harus berdisiplin, kita harus terlatih, kita harus tahu tentang cara bekerja, kita harus tahu cara berkorban demi mendapatkan sukses.

Para drop-out, yakni anak-anak muda yang berhenti berusaha di sekolah, kemungkinan besar juga akan menjadi orang yang berhenti berusaha di dalam hidup. Selain ketidakmauan mereka untuk berkorban demi mencapai sukses, mereka juga tak menemukan diri mereka sendiri. Mereka tak mempelajari kenyataan bahwa sukses atau gagalnya seseorang terletak di tangan mereka sendiri.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: