W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Budi Bahasa

Budi bahasa pada akal budi sama seperti pesona pada wajah.” Voltaire

Seni menyenangkan orang lain adalah seni untuk menegakkan diri di dunia.

Budi bahasa yang baik adalah paspor untuk mencapai popularitas dan membuka jalan menuju peningkatan diri. Hampir tak ada yang namanya hambatan lebih besar bagi para lelaki dan wanita muda untuk mencapai peningkatan, selain sikap kasar.

Saya tak bisa memberi peringatan kepada orang-orang muda dengan tegas,” kata George G. Williams, mantan presiden Chemical Bank di New York, “tentang keperluan mutlak untuk memiliki budi bahasa yang baik… Andaikata saya memiliki dua puluh lidah, saya akan terus berkhotbah tentang budi bahasa kepada mereka semua, sebab pengalaman panjang telah mengajarkan kepada saya tentang hasilnya yang luar biasa. Budi bahasa yang baik adalah lampu Aladin untuk mencapai sukses.

Telah dikatakan bahwa: apabila hati sudah benar, maka sikap bukanlah masalah lagi. Kenyataannya tidak demikian. Saya ingat pernah membaca suatu ungkapan yang sangat tepat untuk menjawab pemikiran di atas, yakni, “Apa gunanya menjadi emas bila tampaknya seperti timah.” Tak peduli akan keadaan karakter atau hatinya, seseorang yang sikapnya kasar akan cenderung dihindari orang lain. Orang seperti itu kekurangan satu sifat hakiki untuk memiliki kepribadian yang menyenangkan.

Saya sepakat dengan pendapat profesor tenar, Edward Everett Hale dan Orison Swett Marden-salah satu filsuf terbesar sepanjang zaman-sungguh sayang bahwa pentingnya sikap baik tidak lebih ditekankan di sekolah dan perguruan tinggi Amerika sebagaimana di rumah, sebab begitu banyak yang tergantung pada pengawasan lembaga-lembaga itu.

Sungguh sangat menyedihkan bahwa begitu banyak hal yang diajarkan kepada orang-orang muda di sekolah dan perguruan tinggi, tetapi mereka sangat jarang atau bahkan sama sekali tak pemah mendapatkan latihan mental untuk mengetahui kenyataan bahwa semua pendidikan tak akan berguna sama sekali bila pemilik ilmu itu tak menggali kepribadian yang menyenangkan dari dalam dirinya.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: