W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Dewan Juga Tolak Rencana Pengeboran Tanggulangin

Aditya NindyatmanRencana BP Migas bersama PT Lapindo yang akan melakukan pengeboran gas di kawasan desa Kalidawer Tanggulangin yang mendapatkan penolakan dari bupati Sidoarjo, ditanggapi serius kalangan dewan.

Salah satunya yang dilontarkan Wakil Ketua Komisi B DPRD Sidoarjo H.Sungkono saat ditemui di gedung DPRD Sidoarjo.

Menurut politisi asal FPAN ini, melihat kenyataan kasus luapan Lumpur Porong yang hingga saat ini belum tuntas, pihaknya sangat mendukung penolakan bupati atas rencana pengeboran itu.

Bahkan dengan tegas, dirinya meminta pemkab Sidoarjo untuk mem black list PT Lapindo untuk tidak melakukan eksploitasi di kabupaten Sidoarjo.

“Kalau bisa PT Lapindo di black list saja, karena keberadaannya tidak menguntungkan masyarakat Sidoarjo,” ungkap Sungkono lagi

Masih menurut Sungkono, di saat PT Lapindo melakukan eksploitasi, tidak ada bagi hasil yang menguntungkan bagi masyarakat Sidoarjo.

“Hingga saat ini bagi hasil perolehan eksploitasi gas di Sidoarjo tidak jelas. Kenapa mesti di ijinkan melakukan pengeboran lagi,” tegas Sungkono lagi.

Jika dilihat dari pengalaman lima tahun luapan lumpur saat ini menurut Sungkono, sudah jelas merupakan dasar yang kuat, untuk pemkab melakukan penolakan.

“Kan sudah jelas faktanya, kerusakan dan akibat negative dari hasil eksploitasi yang sudah-sudah,” terang Ketua BK DPRD Sidoarjo ini.

Hal serupa juga dilontarkan Ketua DPD PKS Sidoarjo Aditya Nindaytman yang dengan tegas meminta rencana pengeboran itu ditunda, hingga persoalan lumpur saat ini benar-benar selesai.

“Jangan sampai ada niatan melakukan pengeboran lagi di Sidoarjo, sebelum persoalan sosial saat ini selesai,” tutur Aditya.

Seperti diketahui sebelumnya, Bupati Sidoarjo H. Saiful Ilah SH, MHum menegaskan telah menolak rencana pengeboran oleh BP Migas-Lapindo di kawasan Kalidawer Tanggulangin.

Bupati menegaskan, penolakan itu dilakukan, demi menjaga kondisi lingkungan dan kawasan Tangulangin agar tetap kondusif.

“Saya lebih mementingkan warga saya daripada pengeboran. Minta ijin dulu ke warga,”sergah bupati.

Sementara itu dari data yang ada, rencana pengeboran Lapindo ternyata tidak hanya dilakukan di Desa Kalidawer Tanggulangin saja, namun juga akan dilakukan di kawasan Kebonagung Porong. (Abidin)

Sumber: kabarsidoarjo.com, 18/02/11

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: