W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Gerakan Politik dan Dakwah Islam

PENGERTIAN

Ilmu Politik

Menurut Prof. Selo Sumarjan, ilmu politik merupakan salah satu dari ilmu-ilmu sosial, sejajar dengan ilmu antropologi, administrasi negara, komunikasi dan sebagainya. Tiap-tiap ilmu sosial mempelajari secara rasional dan sistematis salah satu aspek khusus dari kehidupan masyarakat, suatu kehidupan sosial dalam arti luas.

Adapun Ilmu Politik secara khusus menyelenggarakan kajian (study) tentang kekuatan-kekuatan sosial yang dimiliki masyarakat dan cara menggunakannya (atau menyalahgunakannya) untuk mencapai tujuan tertentu. Pengertian umum dari kekuatan-kekuatan sosial yang dimiliki masyarakat, misalnya : kekuatan ekonomi, kekuatan hukum, kekuatan senjata, kekuatan rakyat, kekuatan agama, kekuatan organisasi yang mempunyai kegunaan untuk hidup bernegara. Kalau cara menggunakan kekuatan-kekuatan itu dinamakan teknologi politik, maka teknologi itu diarahkan penggunaannya oleh ideologi yang dianut oleh suatu negara.

Masyarakat Madani dan Civil Society

Gambaran Masyarakat Madani banyak dirujukkan kepada kenyataan kehidupan masyarakat Islam pascahijrah sampai masa Khulafaur-Rasyidin, di kota Madinah, suatu masyarakat yang mandiri, merdeka, beribadah, berbudaya, berakhlak, berfikiran terbuka, tunduk pada hukum yang berlaku dan mampu mengontrol mekanisme kekuasaan melalui tradisi syura.

Sedangkan Civil Society merupakan bentuk kehidupan sosial di mana masyarakat umum (publik)-lah yang menjadi pemeran utama dalam kehidupan negara dan hukum.

Ibnu Rusyid percaya bahwa melalui proses induktif dan sosial obyektif, bebas, berbudaya dan merdeka, kehidupan masyarakat akan sampai pada suatu tahap di mana formula kebenaran dan kebaikan berkesesuaian dengan Al-Quran. Hukum dibangun dan dikayakan berdasarkan kebutuhan dan pertumbuhan masyarakat.

(Bersambung…)