W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Istirahat

LilindanBuku“Setiap kesulitan yang diabaikan akan menjadi hantu yang akan terus menganggu istirahat Anda.” (Frederic Chopin)

Segala yang monoton membuat kemampuan layu dan kebahagiaan musnah.

Di sekeliling kita, kita melihat lelaki dan wanita yang terlalu cepat mati karena mempunyai kebiasaan makan yang tak seimbang, akibat pekerjaan mereka. Diperlukan seorang ibu yang luar biasa tenangnya dengan akal budi dan tubuh yang sekeras baja untuk menghadapi begitu banyak beban dari hari kehari.

Tak pernah ada maksud menjadikan manusia sebagai budak pekerjaannya, di mana ia harus mengcrahkan seluruh energinya untuk mencari nafkah dan praktis tak punya apa-apa lagi untuk menjalani hidupnya,” kata Dr. Marden.

Banyak kedukaan di dunia yang sebenarnya merupakan akibat dari kelelahan syaraf karena kurangnya olah raga, rekreasi, tidur, dan cara berpikir yang salah. Takut, khawatir, dan cemas yang merupakan musuh-musuh istirahat, kebahagiaan, dan kedamaian pikiran adalah musuh yang umum juga bagi syaraf kita.

Sungguh aneh bahwa kita mempelajari begitu banyak matrri di sekolah, tetapi hanya ada sedikit nilai praktisnya dan hampir tak ada sama sekali pelajaran tentang mesin insani, padahal inilah tempat bergantung kesuksesan atau kegagalan kita dalam hidup. Sang Pencipta yang telah membentuk manusia sedemikian baiknya, sementara kita merusak diri dan menghancurkan mekanisme dalam diri kita, hanya karena ketidaktahuan kita.

Kita sering menyaksikan orang-orang yang melakukan hal-hal kecil, menjalani hidup tanggung-tanggung, padahal mereka memiliki kemampuan untuk hal-hal besar, untuk menjalani kehidupan hebat, kalau saja mereka pernah diajar untuk secara tepat menjaga tuhuh dan akal budi mereka secara baik, untuk menikmati kesehatan yang baik. Kelemahan fisik dan mental dalam segala bentuknya adalah pembunuh ambisi. Semua itu menghancurkan kehendak untuk menang.

“Bila jiwa mengalami kebahagiaan,” ujar Oliver Goldsmith, “segalanya mampu menghasilkan penghiburan dan kesusahan hanya tinggal nama.” Jika kita belum mendapatkan ketenangan, kedamaian dan ketenteraman dalam diri kita, maka percuma mencarinya di luar.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: