W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Jalan Rusak, Anggaran Susut

Kondisi jalan-jalan milik Provinsi Jatim ternyata sangat memprihatinkan. Jalan provinsi sepanjang 2.000,98 kilometer tersebut banyak yang diketahui sudah rusak. Ironisnya, anggaran untuk infrastrukturtahun ini semakin susut dibanding tahun sebelumnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jatim, Mahdi mengatakan, sesuai data, jalan provinsi yang rusak parah mencapai 30 persen. Jalan yang rusak parah itu di antaranya ditemukan di Bojonegoro, Probolinggo, dan Pamekasan. Sedangkan jalan yang rusak sedang mencapai 45 persen. Di antaranya di Malang, Tulungagung, dan Trenggalek.

“Sayangnya untuk melakukan perbaikan terhadap jalan-jalan rusak itu tidak bisa dilaksanakan secara total karena terbentur anggaran,”ungkap Mahdi, kemarin.

Untuk itu, pihaknya akan mendorong agar diberikan tambahan anggaran untuk pembangunan jalan-jalan yang rusak tersebut. Peluang itu ada dalam Perubahan Anggaran Keuangan (PAK) APBD Jatim 2011 nanti. Karena untuk APBD Jatim 2011 murni, sudah ditetapkan.

Sementara itu, anggota Komisi D DPRD Jatim Irwan Setiawan menyatakan anggaran untuk penyelenggaraan infrastruktur semakin merosot. Pada tahu 2009, pemprov mengalokasikan anggaran Rp 260 miliar. Pada 2010, nilainya turun menjadi RP 227 miliar. Sedangkan pada tahun 2011, pemprov hanya mengalokasikan anggaran Rp 218 miliar.

Padahal, kondisi jalan provinsi dengan panjang 2.000,98 km setiap tahunnya terjadi degradasi sepanjang 136 km (6,8 persen). Idealnya, ada alokasi anggaran untuk peningkatan jalan sepanjang 176 km (8,8 persen) senilai Rp 281 miliar.

Sumber: Radar Surabaya, 02/02/11

(Irwan Setiawan, SIP adalah Anggota Komisi D dan Sekretaris FPKS DPRD Jawa Timur. Website: www.irwan-pks.com)

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: