W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Kekurangan Tenaga Medis

SIDOARJO-Semakin banyak pasien yang dirujuk ke RSUD Sidoarjo, rumah sakit pelat merah itu kian kewalahan. Hal tersebut terungkap dalam pertemuan Komisi D DPRD Sidoarjo dengan RSUD Sidoarjo kemarin (10/11).

Anggota Komisi D Ahmad Habibul Muiz mengungkapkan, pada pertemuan itu, RSUD Sidoarjo melaporkan jumlah instalasi rawat anak (Irna) yang hanya 242 kamar. Idealnya, RS tersebut memiliki 414 kamar. “Saat ini, mereka hanya punya (kamar Irna) separo dari jumlah ideal,” ungkap anggota Fraksi PAN-PKS itu.

Tak hanya sarana, kata Ahmad, sumber daya manusianya juga kurang. Hal itu terjadi pada tenaga medis. Perawat di instalasi rawat darurat (IRD) berjumlah 69 orang. “Padahal, untuk bisa memaksimalkan pelayanan, seharusnya mereka perlu 88 tenaga medis,” ujarnya.

Pertemuan dengan RSUD Sidoarjo itu, lanjut Ahmad, bertujuan untuk melihat perkembangan RS yang telah dikelola secara mandiri dalam bentuk badan usaha. “Kami ingin tahu, apakah mereka mampu memenuhi standar pelayanan kesehatan yang maksimal,” tambah Ahmad.

Hasil pertemuan itu akan dijadikan referensi untuk pembahasan rencana APBD 2010 yang dimulai minggu ini. (nuq/ib)

Sumber: Jawa Pos, 11/11/09

Dipublikasi ulang Admin DPD PKS Sidoarjo