W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Kemajuan

Segala yang manusiawi pasti akan mundur kalau hal itu tak ditingkatkan.” (Edward Gibbon)

Di sini, Gibbon menyatakan suatu fakta yang bersifat sama pastinya dengan hukum matematika. Kalau tetap diam, bahkan air yang paling murni pun akan tercemar. Berbagai perusahaan yang paling hebat pun pada akhirnya akan merosot, kecuali kalau terus-menerus ada upaya untuk membuat kemajuan dan perbaikan.

“Bagaimana saya bisa meningkatkan pekerjaan saya?”

“Bagaimana saya bisa membuat hari ini menjadi sedikit lebih baik daripada kemarin?”

Inilah pertanyaan-pertanyaan yang mendominasi benak para lelaki dan wanita progresif di manapun. Inilah aspirasi orang-orang yang memandang ke depan, memandang ke atas dan terus maju.

Kemajuan harus merupakanproses yang berkesinambungan. Selalu akan ditemukan cara untuk melakukan sesuatu dengan sedikit lebih baik. Peningkatan kecil yang terus-meneruslah yang menghasilkan sebagian besar kemajuan di dunia. Kesempatan untuk mendapatkan peningkatan besar tak sesering perbaikan perlahan yang berkesinambungan dari hari ke hari.

Tak ada kebahagiaan yang sebanding dengan kebahagiaan yang datang dari kemajuan, bergerak ke atas dan ke depan, keluar dari cara lama dan memasuki cara yang lebih efisien, lebih menguntungkan, dan lebih baik dalam mengerjakan sesuatu. Tak ada kepuasan yang menyamai kepuasan yang datang dari suatu penemuan yang menciptakan kemajuan. Menemukan diri dan menggunakan mesin insani yang luar biasa ini dengan sebaik mungkin adalah salah satu kegembiraan terbesar dalam hidup.

Makin banyak kita meletakkan hati dan kesadaran kita ke dalam tugas sehari-hari, makin banyak kemungkinkan kita akan mendapatkan peningkatan dari pemberi kerja. Faktanya akan selalu ada: kalau kita sendiri mengalami kemajuan di balik tugas yang kita pegang, maka akibatnya kita menciptakan kesempatan untuk posisi lebih tinggi bagi kita sendiri.

Efisiensi tak harus selalu berarti peningkatan.

Jangan biarkan ada hari yang lewat tanpa tumbuh menjadi lebih kuat, lebih baik, dan lebih mulia. Kemajuan adalah ciri manusia.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: