W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Kepenuhan

“Hal terbaik yang bisa Anda peroleh di dalam hidup bukanlah uang ataupun segala sesuatu yang bisa ditebus hanya dengan uang semata. Anda harus bekerja demi kemanusiaan sebanyak kerja mencari uang dan Anda juga harus menerima segala penderitaan untuk mencapai dan mempertahankannya.” (Theodore Parker)

Gagasan yang mengatakan bahwa ’orang yang bisa menumpuk uang sebanyak-banyaknya adalah orang yang dapat memenuhi segala yang ia inginkan dan butuhkan,’ tampaknya adalah sebuah gagasan yang dominan, terutama di Amerika. Akibatnya, berebut untuk mendapatkan uang menjadi sebuah kegilaan yangdi terima secara sosial. Peghargaan diberikan kepada orang yang berhasil menumpuk uang sebanyak-banyaknya, tak peduli cara apa yang digunakan untuk mendapatkan semua itu. Tingkat penghargaan dan kehormatan dihubungkan dengan kekayaan.

Orang dengan karakter yang tercemar karena semata-mata mencari uang adalah orang yang mengalami kcgersangan dalam hal kebahagiaan nyata, seperti sebuah hutan yang baru saja mengalami kebakaran besar. Para ahli hukum, politisi, orang kaya yang melacurkan karakternya demi perolehan uang adalah suatu kekurangan mental yang menyedihkan.

Ketika seseorang gagal untuk berkembang menjadi manusia yang seutuhnya, penghargaannya terhadap keindahan hidup juga menjadi musnah. Orang-orang semacam ini tidak membuat dunia bergerak maju tetapi mundur. Meskipun mereka berhasil menimbun sejumlah besar kekayaan, tetap saja mereka gagal dalam berbagai hal lainnya. Mereka tak memiliki cinta sejati, tak ada keindahan pada segala sesuatu yang mereka lihat.

Kalau kita tak membangun dan mengembangkan kualitas karakter dan kemanusiaan kita yang lebih baik, kita tak akan pernah tahu tentang kebahagiaan, kepuasan, dan kegembiraan yang sebenarnya.

Mencari uang bisa saja baik, tetapi yang benar-benar lebih baik adalah membangun karakter, mengembangkan keutuhan diri, dan menciptakan kehidupan yang baik.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: