W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Langkah Awal Politisi Muda (1)

Langkah Awal Politisi Muda (1)

Oleh: Wawan Kurniawan*

Di pentas sejarah dunia, ada banyak politisi yang memulai perjalanan politiknya dalam usia dini. Mereka dengan usia mudanya menggabungkan dirinya dalam aktivitas-aktivitas organisasi dan partai politik.

Fidel Castro memulai perjuangannya dengan memasuki Persatuan Perlawanan Revolusioner (Union Insurreccional Revolucionaria/UIR) saat kuliah hukum di Universitas Havana. Di usia 21, Catro menjadi anggota Partai Rakyat Cuba (Partido del Pueblo Cubano). Dua tahun kemudian, Castro bersama Che Guevarra mendirikan Gerakan 21 Juli dengan tujuan menumbangkan rezim Batista.

Tatkala masih mahasiswa, Assad (Presiden Suriah 1971-2000) memimpin Komite Mahasiswa di Lattakia dan menjadi ketua pertama Konferensi Mahasiswa Suriah. Di samping itu, ia memimpin sayap mahasiwa yang berafilasi dengan Partai Ba’ath (Sosialis Arab).

Alija Izetbegovic, presiden Bosnia pertama (1996-2000), masih berusia 14 tahun ketika ia menjadi anggota Mladi Muslimani (Pemuda Muslim). Di waktu itu, Nazi sedang menginvansi wilayah Yugoslavia (termasuk Bosnia).

Jacob Zuma menjadi akvtis ANC pada usia 17 tahun. Pada usia 21 tahun, ia ditangkap dengan tuduhan makar. Sebagai akibatnya, Zuma mendekam di penjara selama 10 tahun lamanya. Kini, ia merintis jalan menuju kursi presiden.

Pada usia 22 tahun, Nelson Mandela dikeluarkan dari Universitas Fort Hare karena aktivis kemahasiswaannya. Selanjutnya, empat tahun setelah itu, Mandela membantu pendirian sayap muda Kongres Nasional Afrika (ANC).

Felipe Calderon memulai aktivitas politik dalam gerakan muda Partai Aksi Nasional (Partido Acción Nacional/PAN) pada usia 20 tahun. Kini, dia menggantikan Vicente Fox menjadi presiden Meksiko.

Pada usia 19 tahun, mantan Kanselir Jerman (1998-2005) Gerhard Schroeder mengawali debut politiknya dengan menjadi anggota Pemuda Sosialis (Young Socialists). Delapan tahun kemudian, ia menjadi kepala Pemuda Sosialis distrik Hannover. Pemuda Sosialis merupakan organisasi kepemudaan yang berafiliasi dengan salah satu partai politik besar Jerman, SPD (Sozialdemokratische Partei Deutschlands).

Presiden Spanyol sekarang, José Luis Rodríguez Zapatero, mengawali kegiatan politiknya pada 15 Agustus 1976. Di kala itu, Zapatero yang masih sangat muda (16 tahun) ikut dalam pertemuan Partai Pekerja Sosialis (PSOE) di Gijon. Tak heran, 28 tahun setelah pertemuan itu, Zapatero akhirnya bisa menduduki jabatan tertinggi di Spanyol.

Hasan al Banna mendirikan gerakan Ikhwanul Muslimin (IM) di Mesir pada usia 22 tahun. Sembilan tahun sebelumnya, Banna sudah menjalani aksi-aksi jalanan menentang penjajahan Inggris. Sekarang, IM menjadi gerakan Islam terbesar dengan banyak cabangnya di negara-negara lain.

Yusuf Qardhawi-yang sudah menghapal Al Qur’an dalam usia 10 tahun-sempat masuk bui pada usia 23 tahun karena keterlibatannya dalam IM.

Dari Palestina, Yassir Arafat (saat usia 29 tahun), Abu Jihad (23 tahun), Saleh Khalaf (24 tahun), dan Mahmoud Abbas (24 tahun) mendirikan Fatah pada 1958. Fatah adalah motor gerakan perlawanan Palestina yang tertua sekaligus terbesar (dulu). Beberapa tahun sebelum itu, Arafat dan Khalaf juga menjadi pimpinan Persatuan Mahasiswa Palestina di Mesir.

Pendiri Hamas, Ahmmad Yassin menjadi aktivis Ikhwanul Muslimin (IM) ketika kuliah di Universitas Al Azhar. Begitu juga dengan Abdul Aziz Rantisi ketika ia menjalani studi di fakultas medis Universitas Alexandria Mesir. Juga PM Palestina Ismail Haniyeh dalam studinya di Universitas Gaza. Khalid Mashal menjadi salah seorang pemimpin Persatuan Mahasiswa Islam di Kuwait pada pertengahan 1970-an.

Pada usia 16 tahun, Joseph Stalin memasuki sekolah teologis Tiflis. Selama masa sekolahnya, Stalin bergabung dengan organisasi sosial demokratik Georgia dan mulai mempropagandakan Marxisme. Akibatnya, Stalin harus dikeluarkan dari sekolah itu lima kemudian.

Nikita Khrushchev (Sekjen Partai Komuni Uni Sovyet 1953-1964) sudah terlibat dalam serikat pekerja dalam usia 20 tahun. Delapan tahun kemudian, ia menjadi anggota penuh Partai Komunis.

Nicolae Ceausescu (Presiden Rumania 1965-1989) terlibat aktivitis illegal Partai Komunis saat masih umur 14 tahun. Ia sudah merasakan penjara pada umur 15 tahun. Dia dijebloskan lagi pada usia 16, 18, dan 22 tahun. Empat tahun setelah itu, Ceausescu memimpin Pemuda Komunis Rumania. Ceausescu menjadi menteri (pertanian) pada usia 29 tahun ketika itu komunis dapat meraih kekuasaan di tahun 1947.

Rachel Corrie adalah anggota Gerakan Solidaritas Internasional (ISM) ketika ia ikut aksi menentang kegiatan penghancuran rumah orang Palestina oleh Israel di Rafah, Jalur Gaza. Nasib Corrie berakhir di bawah lindasan buldoser Israel pada 16 Maret 2003. Saat itu, Corrie berusia 23 tahun.

PM Turki Recep Tayyip Erdogan memulai langkah politiknya di saat usia 16 tahun. Ketika itu, ia menjadi anggota Partai Islam Penyelamat Nasional (Milli Selâmet Partisi) di bawah pimpinan Necmettin Erbakan.

Preisden Argentina saat ini, Néstor Carlos Kirchner, sudah menjadi aktivis dengan bergabung dalam Young Peronist (gerakan kiri radikal anti-rezim militer) tatkala usia di bawah 20 tahun. Saat mahasiswa, ia adalah anggota Justicialist Party (Partido Justicialista).

Stephen Harper (PM Kanada ke-22) sudah menjadi aktivis politik sejak SMA dengan menjadi anggota Young Liberals Club. Pada usia 18 tahun, Josip Broz Tito (pendiri Yugoslavia), menjadi anggota Partai Sosial Demokratik Kroasia-Slovenia. Dari negara tetangga, John Howard dengan umur 18 tahun menjadi anggota Partai Liberal Australia di tahun 1957. Di samping menjadi bartender, Gerry Adams menjadi aktivis Sinn Féin, sayap politik Tentara Republik Irlandia (IRA/Irish Republic Army), ketika usia 16 tahun. Presiden Kolombia Alvaro Uribe menjadi aktivis pemuda Partai Liberal saat ia masih mahasiswa hukum Universitas Antioquia di usia 25 tahun.

Presiden Irak Jalal Talabani menjadi aktivis Partai Demokratik Kurdi (KDP) pada usia 14 tahun. Ia menjadi anggota komite sentral pada usia 18 tahun dan kepala politbiro pada usia 27 tahun. Masoud Barzani, seorang pemimpin pejuang Kurdi, menjadi aktivis KDP pada umur 16 tahun. Salvador Allende mendirikan Partai Sosialis Chili pada usia 25 tahun. Saddam Husein menjadi aktivis Partai Ba’ath di usia 20 tahun. Slobodan Miloševic (Presiden Yugoslavia 1997-2000) menjadi aktivis Partai Komunis pada usia 18 tahun.

Yoweri Kaguta Museveni (Presiden Uganda 1986-2006) mendirikan Front Revolusioner Africa sewaktu menjadi mahasiswa Universitas Darus Salam di Tanzania. Waktu itu, usia Museveni masih 23 tahun. Di usia 29 tahun, Museveni memisahkan diri dari kelompok utama oposisi Uganda dengan mendirikan Front Penyelamat nasional (FRONASA).

Mao Zedong menghadiri Kongres Pertama Partai Komunis China (CPC) pada 23 Juli 1921 di Shanghai. Ketika itu, umur Mao mencapai 27 tahun. Dua tahun sesudah itu, Mao menjadi anggota Komite Pusat CPC pada Kongres Ketiga.

Zhu De (pendiri Tentara Pembebasan Rakyat China) menjadi seorang pemberontak melawan Dinasti Qing pada usia 25 tahun.

Sehabis pendidikan dari Universitas Meiji Jepang, Zhoun Enlai kembali ke Nankai. Namun, ia (saat umur 21 tahun) ditangkap karena aktivitas radikalnya. Zhou memimpin Gerakan 4 Mei (1919) dengan menggerakan aksi-aksi mahasiswa. Di usia 22 tahun, Zhou pergi ke Perancis dan menjadi anggota Partai Komunis Perancis. Kemudian, Zhou melalang buana ke Inggris dan Jerman. Zhou menjadi anggoa CPC saat umur 23 tahun. Zhou menjalin kerjasama dengan Sun Yat Sen sewaktu masih umur 26 tahun. Di usia 28, Zhou merancang pemogokan umum di Shanghai.

Deng Xiaoping sudah merantau (sekolah)ke Perancis pada usia 16 tahun. Deng menjadi anggota Pemuda Partai Komunis China (CPC) di Eropa saat masih 18 tahun. Dua tahun kemudian, Deng menjadi anggota penuh CPC dan turut memimpin Cabang Umum Liga Pemuda di Eropa. Deng memimpin pemberontakan Bose di provinsi Guangxi pada usia 25 tahun. Deng merupakan veteran Long March (sejauh 6 ribu km) pada usia 30 tahun.

Margaret Thatcher meniti studinya sebagai mahasiwa Somerville College Oxford di usia 19 tahun. Ia mempelajari kimia di situ. Di usia 21 tahun, Thatcher memegang jabatan Presiden Asosiasi Konservatif Universitas se Oxford.

Dari Nepal, pemimpin tertinggi Partai Komunis Nepal sekarang, Prachanda, memulai jalan hidup klandesten pada usia 16 tahun. Kini, Partai Komunis Nepal telah mendapat tempat dan diakui di negara kecil ini.

Leonid Brezhnev (Sekjen Partai Komunis Uni Sovyet 1964-1982) bergabung dengan Komsomol (sayap muda Partai Komunis) pada umur 17 tahun. Delapan tahun kemudian, ia menjadi anggota Partai Komunis.

Lev Davidovich Bronshtein sudah mengenal Marxisme pada usia 17 tahun. Tidak itu saja. Bornshtein turut serta mengorganisasikan Persatuan Pekerja Rusia Selatan di tempat tinggalnya, Nikolayev, hingga umur 18 tahun. Dalam usia 19 tahun, Bonshtein sudah dipenjara oleh polisi Rusia. Itu disebabkan ia menggalang aksi demonstrasi. Setelah dua tahun dipenjata, ia diasingkan ke Siberia untuk waktu empat tahun. Di Siberia, ia bergabung dengan Uni Sosial Demokrat setempat dan menulis beberapa komentar serta analisa politik.

Tidak sampai empat tahun di Siberia, Trotsky mampu melarikan dan menuju London dengan menggunakan nama palsu Trostky. Pada usia 24 tahun, Trotsky menghadiri Kongres Kedua Partai Pekerja Sosial Demokrat Rusia di Brussel dan London. Pada usia 26, Trotskly kembali ke Russia, namun tak lama kemudia dia ditangkap lagi dan dipenjara satu tahun. Di penjara itu, keluarlah buku Trostky, Results and Prospects (1906). Dua tahun setelah itu, Trostky kembali diasingkan ke Siberia karena tuduhan pengkhianatan. Tapi lagi-lagi, Trostky bisa melarikan diri.

Seorang tokoh Syiah Irak, Mohammad Baqir al Hakim (bersama Mohammad Baqir Al Sadr), mendirikan partai politik modern pada usia 19 tahun. Parpol dengan nama Hizbut Da’wah al Islamiyyah (Partai Dawa Islam) inilah yang menjadi organ tertua dan utama perlawanan komunitas Syiah terhadap rezim Saddam Husein.

Bersambung…

*Wawan Kurniawan, Humas DPD PKS Sidoarjo. Tulisan ini adalah opini pribadi.

NB: Minta saran.
Dari Israel ada juga beberapa tokoh. Boleh dimasukkan?
Dari Indonesia? Ada beberapa orang. Tunggu saja.