W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Lapindo Akan Ngebor Tanggulangin

Bupati Syaratkan Izin Warga Setempat

Aditya NindyatmanBencana semburan lumpur kawasan Porong tidak menyurutkan langkah Lapindo Brantas Inc (LBI) untuk melanjutkan eksplorasinya di kawasan Sidoarjo. Kabart terbaru, LBI berencana menambah lagi titik pengeboran. Perwakilan BI dan BP Migas telah mengajukan izin ke Bupati Saiful Ilah.

Kawasan yang diincar dan dieksplorais gasnya adalah Kecamatan Tanggulangin.

“Ya memang benar. Lapindo berencana menambah titik pengeboran di Sidoarjo. Dari hasil survei yang dilakukan ada tiga titik yang kandungan gasnya melimpah,” ujar Bupati Saiful Ilah, kemarin (16/2).

Titik pengeboran rencananya bakal dibangun di Desa Kalidawir, Kecamatan Tanggulangin. Setidaknya ada tiga titik
yang di dasar buminya banyak mengandung gas. Saiful Ilah tak berani langsung memberikan persetujuan. Maklum, saat ini warga Porong dan sekitarnya masih trauma dengan semburan lumpur yang keluar Mari dekat sumur pengeboran LBI.

“Saya tidak berani mengiyakan dan menyarankan lebih dulu minta persetujuan warga sekitar. Kalau warga mau, baru saya akan memberikan persetujuan,” tegas Saiful.

Terkait rencana tersebut, Sekretaris Komisi B DPRD Sidoarjo Aditya Nindyatman mengatakan sebelum izin dikeluarkan, sebaiknya ada kajian lebih dalam mengenai persoalan Lapindo yang saat ini sedang terjadL Termasuk menegaskan bagi hasil yang akan diterima pemkab.

Saat ini, di Sidoarjo, ada sekitar 20 titik pengeboran yang beroperasi. Namun ternyata hal itu tidak diimbangi dengan bagi hasil yang menguntungkan daerah penghasil migas.

“Bagi hasil harusnya enam persen, tapi kenyataanya selama ini Sidoarjo sama sekali tidak mendapatkannya. Makanya harus benar-benar dikaji jika benar ada usulan rencana membuka titik pengeboran lagi,” kata Aditya.(rud)

Sumber: Radar Surabaya, 17/02/11

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: