W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Menjelang Unas, Dewan Minta Tryout Maksimal

SIDOARJO-Pelaksanaan ujian nasional (unas) semakin dekat. Yakni, pertengahan Maret mendatang. Fraksi PAN-PKS meminta Dinas Pendidikan Kabupaten (Dikab) Sidoarjo benar-benar memaksimalkan tryout. Hal itu merupakan catatan khusus Fraksi PAN-PKS dalam pandangan umum mereka terhadap RAPBD 2010.

Sekretaris Fraksi PAN-PKS Ahmad Habibul Muiz menyatakan, ada tujuh poin di bidang pendidikan yang menjadi catatan penting fraksinya. Hal tersebut wajib ditindaklanjuti eksekutif dalam waktu singkat. “Terutama poin tentang penyelenggaraan tryout,” kata politikus asal PKS itu.

Menurut dia, selama ini penyelenggaraan tryout yang dikelola Dikab Sidoarjo dianggap tak efisien. Jarak antara tryout dan pelaksanaan unas terlalu dekat. Akibatnya, tidak ada waktu untuk evaluasi dan pembahasan hasil tryout. “Tryout tidak akan berfungsi apa-apa jika sistemnya tidak diubah,” terangnya.

Habib mengimbau, paling lama sebulan sebelum unas, dikab harus sudah menyiapkan tryout. Jadi, siswa dan guru masih memiliki waktu untuk berdiskusi tentang kesulitan soal-soal dalam tryout. “Hal itu juga menjadi tolok ukur siswa dalam menghadapi unas,” jelasnya.

Selain tryout, kata anggota Komisi D tersebut, Fraksi PAN-PKS meminta Dikab Sidoarjo merealisasikan Peraturan Daerah (Perda) Pendidikan Gratis. Tujuannya, setiap siswa miskin mampu melanjutkan sekolah hingga tingkat atas dan mengurangi angka putus sekolah.

Poin lain yang diusulkan adalah memperketat monitoring biaya pendidikan. Habib meminta agar tidak ada lagi pungutan yang ditarik di luar ketentuan yang berlaku. “Dengan dalih apa pun, sekolah tetap wajib ditindak tegas,” tuturnya.

Fraksi PAN-PKS juga minta penyetaraan sarana dan prasarana pendidikan di sekolah pinggiran maupun tengah kota. Menurut dia, perlu adanya merger sekolah yang siswanya sedikit serta mengimplementasikan sistem pendidikan rintisan sekolah bertaraf internasional (RSBI) dan akselerasi. (nuq/ib)

Sumber: Jawa Pos, 13/01/10

Dipublikasi ulang Admin DPD PKS Sidoarjo