W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Mensyukuri Perolehan Suara Kita

Oleh Al Muzzamil Yusuf

Kita harus bersyukur kepada Allah SWT atas apa yang kita peroleh. Kita meyakini bahwa peningkatan suara PKS tak lepas dari campur tangan Allah SWT (nashrun minallah). Apalagi jika melihat keterbatasan pengalaman, sarana dan dana yang kita miliki dibandingkan dengan partai-partai lain. Kita hanya melakukan upaya-upaya maksimal sebatas kemampuan kita dan bertawakal agar pertolongan Allah itu datang.

Kita menyadari sepenuhnya ihwal keterbatasan itu. Karenanya, persiapan untuk mengikuti pemilu kita lakukan sejak lama. Sejumlah produk dihasilkan oleh Tim Pemenangan Pemilu (TPP). Di antaranya: pembuatan Grand Strategi Pemenangan Pemilu PKS, riset popularitas PKS, pengguliran program direct selling, pemilu internal caleg PKS, pembuatan iklan televisi, dan persiapan kampanye resmi.

Pengurus dan kader menjalankan program itu dengan sungguh-sungguh. Titik berat program pada perekrutan anggota baru melalui program direct selling. Hasil dari kerja keras pengurus dan kader terlihat dari peningkatan jumlah anggota dan simpatisan. Peningkatan besar terjadi saat memasuki masa kampanye resmi. Masyarakat berbondong-bondong mendaftarkan diri menjadi anggota PKS.

Kita menggulirkan program direct selling untuk memperkenalkan PKS pada masyarakat dengan cara yang cepat, tepat dan murah. Mengingat kita pun tak memiliki dana yang cukup untuk membuat iklan secara besar-besaran. Alhamdulillah, berkat sejumlah kegiatan sosial yang dilakukan kader, perlahan tapi pasti masyarakat mengenal PKS.

Aspek lain yang juga kita siapkan dengan sungguh-sungguh adalah masalah ruhiyah (spiritual). Para pengurus dan kader setiap pekan mendapat taujih jihad siyasi (arahan jihad politik) dan khitob qiyadi (seruan dari pemimpin). Ditekankan pada pengurus dan kader bahwa satu dari pilar grand strategi adalah hablumminallah (hubungan yang erat dengan Allah SWT). Saat pencoblosan pun ada edaran Dewan Syariah untuk meningkatkan ruhiyah. Kekuatan ruhiyah, selain memperkokoh semangat juang kader, juga membuka datangnya pertolongan Allah SWT.

Kesungguhan dan tawakal kita membuahkan dukungan suara rakyat. PKS kini menjadi salah satu partai yang diperhitungkan. Kebesaran partai kita tidak dikatrol oleh sejarah masa lalu, atau oleh figur seseorang, tapi oleh sistem yang kita bangun. Karenanya saya meyakini, PKS akan lebih memiliki daya tahan terhadap goncangan ketimbang partai-partai lain yang kini ada. Terbukti, kita menjadi satu-satunya partai yang sepi dari perpecahan; tak ada konflik dalam pergantian kepemimpinan atau saat penyusunan caleg beberapa waktu lalu.

Namun harus diingat, perolehan suara PKS yang meningkat itu sekaligus menggambarkan besarnya harapan rakyat pada kita. Jangan sampai harapan itu kandas dan berbuah kekecewaan. Sebab, bila hal itu terjadi, akan menghilangkan kepercayaan rakyat pada dakwah yang kita sampaikan. Karenanya, amanah ini harus dipikul dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggungjawab.

“Bersih dan Peduli” yang menjadi motto PKS saat kampanye harus benar-benar tergambar dalam langkah politik kita.

“Bersih” berarti tak terkontaminasi praktik politik busuk, seperti korupsi, kolusi, nepotisme, suap, dan menghalalkan segala cara. Sedangkan “Peduli” berarti menjadi bagian dan selalu mem-perhatikan/memperjuangkan nasib rakyat (umat). Jangan sampai kader PKS menjadi wakil rakyat yang “bersih” tapi “tidak peduli”. Atau, “peduli” tapi “tidak bersih”. Dalam melakukan langkah politik pun kita mendasari pada prinsip ini.

Itulah saya kira bentuk syukur yang harus kita lakukan terhadap perolehan suara yang kita dapat. Selain lisan kita memuji Allah SWT, hati meyakini, kita pun merealisasikannya dalam bentuk amal siyasi (amal politik).

Sumber: SAKSI No.13 Tahun VI 28 April 2004

Dipublikasi ulang Admin DPD PKS Sidoarjo

(Meski tulisan ini adalah tulisan lama, Admin menganggap tulisan ini masih relevan dengan kondisi pasca Pemilu 2009. Admin mengedit tulisan ini seperlunya guna menyesuaikan tema besar yang dikandungkannya dengan kondisi saat ini.)