W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Orang Kaya

LilindanBuku“Di dunia ini, yang kita berikanlah yang membuat kita kaya, bukan yang kita terima.” (Henry Ward Beecher)

Mayoritas orang punya anggapan salah bahwa kekayaan terdiri dari uang. Uang memang baik dan diperlukan, tetapi uang tak bisa digunakan untuk membeli hal-hal yang diperlukan oleh jiwa kita. Padahal dengan kekayaan jiwa, kekayaan mental, dan kekayaan karakterlah kita bisa mengamankan berkah hidup yang paling subur, yaitu kebahagiaan dan kedamaian pikiran.

Kebanyakan orang juga terbuai oleh anggapan bahwa kebahagiaan diperoleh saat hasrat terpuaskan. Kebutuhan kita bisa dipuaskan, tetapi tidak demikian dengan keinginan-keinginan kita. Keinginan kita luas tak terbatas, seperti lautan. Satu keinginan menjadi semakin besar dan semakin besar pada saat keinginan lain terpenuhi. Yang bisa dibeli dengan uang hanya sebagian kecil saja dari kebutuhan manusia.

Uang tak bisa menyediakan kesehatan, karakter, dan kebahagiaan bagi kita. Salah satu kekecewaan besar yang dialami oleh banyak orang kaya dalam hal keuangan, tetapi miskin dalam hal kesehatan, karakter atau kebahagiaan, adalah benar-benar sebuah kemelaratan.

Setelah George M. Pullman-orang yang namanya digunakan untuk sebuah produk mobil-menjadi multi-jutawan, ia berujar, “Saya tak bisa dikatakan lebih bahagia pada saat ini dibanding dengan ketika saya harus mengisi hari-hari tanpa uang. Saya menabung scdikit demi sedikit hasil kerja kerasku sepanjang tahun. Saya yakin bahwa pada saat itu saya juga bahagia, atau bahkan lebih bahagia.

Selama menempuh perjalanan hidup, ingatlah selalu akan satu hal: jangan berlebih-lebihan menghargai kekayaan dalam bentuk uang semata. Kekayaan ini sama sekali tak sebanding dengan kekayaan karakter, dengan kepribadian yang menyenangkan dan magnetis, dengan kesehatan jiwa, dengan kebahagiaan dan kedamaian pikiran. Jangan sampai pencarian uang membuat Anda menyeleweng dari tugas mengisi gudang mental; spiritual dan karakter Anda. Berikan tekanan pada hal-hal yang benar. Kalau kekayaan uang bisa membantu Anda dalam usaha kemanusiaan, bergeraklah dan dapatkan kekayaan yang berlimpah dengan cara jujur, namun ingatlah selalu bahwa yang lebih penting adalah memperoleh kualitas jiwa dan hati.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: