W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Perpustakaan

LilindanBuku“Sebuah perpustakaan kecil yang tumbuh lebih besar dari tahun ke tahun adalah bagian yang patut dihargai dari sejarah hidup seseorang. Manusia punya tugas untuk memiliki buku-buku. Perpustakaan bukanlah suatu kemewahan, melainkan merupakan sesuatu yang diperlukan di dalam hidup.” (Henry Ward Beecher)

“Saya hendak menganjurkan kepada setiap anak muda sebagai pemula dalam kehidupannya sendiri, agar secepat mungkin sebatas kemampuan mereka untuk mengumpulkan buku-buku yang berguna dalam menjalani hidup mereka,” kata John Ruskin, seorang pengarang besar dari Inggris, penulis kritik kesenian, dan pembaharu kehidupan sosial.

Meminjam buku dari perpustakaan umum seringkali memberikan bantuan yang berharga sebagai bahan acuan, tetapi hal ini masih kalah dibanding dengan perpustakaan sendiri. Seyogianya setiap rumah tak ketinggalan untuk mempunyai perpustakaan yang terus tumbuh. Kalau Anda menghendaki, Anda bisa mengorbankan segala macam meja kursi, hiasan dinding atau karpet, tetapi jangan lupa untuk terus berusaha menambah buku di perpustakaan rumah Anda. Inilah salah satu cara paling meyakinkan untuk mengembangkan kekuatan mental Anda dan pencapaian sukses yang lebih besar.

Salah satu investasi yang pertama-tama harus dipunyai oleh pasangan muda yang baru membentuk rumah tangga adalah buku-buku baik di perpustakaan rumah mereka. Dalam memulai pembentukan perpustakaan rumah itu, janganlah membeli buku-buku yang disebut sebagai best sellers. Kebanyakan buku-buku semacam itu bersifat sementara yang popularitasnya akan segera memudar.

Letakkan batu fondasi yang kokoh untuk perpustakaan baik yang Anda miliki dengan menyediakan kamus yang baik dan satu set ensiklopedia terkenal. Dan secara perlahan-lahan, tambahkan buku-buku motivasi dan ’membantu diri sendiri’ serta karya-karya sastra dan sejarah klasik, ke dalam koleksi perpustakaan Anda.

Memulai dan membangun perpustakaan sendiri adalah seperti memulai dan membangun tabungan uang. Namun, dividen yang Anda terima dari investasi Anda yang berupa buku-buku itu barangkali tak ada batasnya.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: