W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Pertanyaan

“Semua kemajuan dilahirkan oleh penyelidikan. Keraguan seringkali lebih baik daripada keyakinan yang berlebihan, sebab keraguan menuju kepada penyelidikan dan pada gilirannya penyelidikan menuju ke penemuan.” (Hudson Maxim)

Membuat sesuatu yang tak diketahui menjadi diketahui mclalui kebiasaan mengajukan pertanyaan tak lain adalah pcndidikan.

Suatu saat Beecher ditanya tentang di manakah ia menemukan materi semua khotbahnya yang menggugah dan sepertinya masih segar diambil dari hidup. Ia menjawab, “Saya tetap menjaga mata saya terbuka dan terus mengajukan pertanyaan.”

Banyak orang yang punya pendapat kcliru dalam hal mengajukan pertanyaan ini. Mereka merasa, jika mengajukan pertanyaan bcrarti mereka memamerkan ketidaktahuan mereka. Kemudian muncullah orang-orang yang ingin memberi kesan kepada orang lain seakan-akan ’tahu segalanya’ dan tak berusaha mencari jawaban dengan mengajukan pertanyaan.

Marilah kita menghadapi kenyataan bahwa kita tak mungkin tahu segala sesuatu. Dalam masa yang serba spesialisasi ini, tak ada seorang pun yang mengharapkan kita untuk menguasai segala masalah. Mengajukan pertanyaan adalah suatu tanda yang meyakinkan bahwa kita sedang mencari pengetahuan, bahwa kita sedang menyelidiki kebenaran, bahwa kita punya benak yang berorientasi kemajuan.

Mayoritas orang suka menjawab pertanyaan. Mereka suka mengekspresikan pendapat mereka, suka menjadi pembicara. Mereka merasa tersanjung bahwa Anda menanyakan pendapat mereka. Banyak orang malah menganggap bahwa memberikan informasi kepada orang asing adalah suatu kehormatan.

Saya telah mengalami betapa orang-orang yang paling bebal pun mampu memberikan banyak kebijaksanaan yang bisa digunakan pada masa ini. Jangan takut untuk bertanya, sebab inilah salah satu cara untuk belajar, untuk meningkatkan pengetahuan umum Anda tentang orang-orang dan berbagai hal. Setiap orang yangkita temui, mampu memberikan tambahan bagi gudang kecerdasan Anda, apabila Anda bersedia untuk mengajukan pertanyaan sebagai suatu kebiasaan.

Dengarkan dan belajarlah!

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: