W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Produksi Alim Steel Terancam Dihentikan

(Duta Masyarakat, 29/01/09) Produksi tabung gas PT Alim Steel di Medaeng, Waru, Sidoarjo, terancam dihentikan karena dinilai melanggar Hinder Ordonantie (HO). Penegasan ini disampaikan Iswahyudi, wakil ketua Komisi A (Bidang Hukum dan Pemerintahan) DPRD setempat, Rabu (28/1).

Menurut Iswahyudi, selain mencemari lingkungan, produksi perusahaan tersebut telah membuat banyak warga sesak nafas dan beberapa di antaranya harus berobat ke rumah sakit.

Dalam pertemuan antara kalangan dewan dengan PT Alim Steel, kemarin, terungkap bahwa izin yang diajukan pabrik sebenarnya ditujukan untuk gudang penyimpanan. Nyatanya, pabrik tersebut justru menjadi pusat kegiatan pengecatan tabung elpiji. Polusi udara yang ditimbulkan pengecatan itulah yang dikeluhkan warga.

Bukan hanya polusi udara yang dikeluhkan warga. Bunyi bising aktivitas pabrik dan bunyi mesin kendaraan yang keluar masuk juga membuat warga kesal.

Kusminto, salah satu warga, bahkan mengatakan PT Alim Steel juga telah merampas fasilitas umum dengan mendirikan bangunan di atas sungai.

“Ya jelas melanggar izin HO, karena semula bangunan itu didirikan untuk jadi gudang,” jelas Iswahyudi.

Memang, izin HO pabrik PT Alim Steel telah diperpanjang hingga tahun 2011. “Tapi, sekali lagi, perpanjangan itu hanyalah untuk gudang,” tegasnya.

PT Alim Steel juga dinilai tidak mengubris keluhan warga sekitar. “Buktinya meski ada persoalan ini, mereka tetap melanjutkan aktivitas. Seharusnya dihentikan dulu?” kata Helmi Musa dari PKS.

Manajemen PT Alim Stel yang diwakili Thomas Santoso, bersikukuh menyatakan sakitnya warga tidak disebabkan aktivitas di pabriknya. (yan)