W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Syaiful Ilah-MG Hadi Unggul Sementara

Menang di Sebagian Wilayah Korban Lumpur

Calon petahana relatif mendominasi perolehan suara di sejumlah tempat pemungutan suara Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Sidoarjo, Minggu (25/7). Pasangan Saiful Ilah-MG Hadi Sutjipto sebagai calon petahana berhasilmeraup suara terbanyak, bahkan di kantong-kantong suara pasangan lain.

Kemenangan pasangan nomor urut empat itu antara lain terjadi di Tempat Pemungutan Suara CTPS)1, Kelurahan Magersari, Kecamatan Sidoarjo, tempat Saiful dan salah satu pesaingnya, Emy Susanti, mencoblos. Di TPS ini pasangan Saiful-Hadi unggul dengan perolehan suara terbanyak 236 suara, disusul pasangan nomor dua Emy-Khulum Junaidi 55 suara, pasangan nomor lima Bam-bang Prasetyo Widodo-Khoirul Huda 28 suara, pasangan nomor satu Yuniwati Teryana-Sarto 19 suara, dan pasangan nomor tiga Agung Subaly-Samsul Wachid (calon independen) 14 suara.

Saiful-Hadi juga menang di TPS 2, Kelurahan Magersari, Kecamatan Sidoarjo, tempat Sutjipto (calon wakil bupati) memberikan
suara. Pasangan ini unggul dengan perolehan 258 suara, memimpin jauh dari keempat pasangan lain-nya yang hanya mengantongi suara tak lebih dari 30 suara.

Hal serupa juga terjadi di basis pasangan nomor urut satu, Yuniwati-Sarto di TPS 10 dan 11 Kelurahan Pagerwojo, Kecamatan Bu-duran. Di kedua TPS itu, Saiful-Hadi memimpin dengan perolehan 105 suara dan 135 suara. Sementara itu, di TPS 10 Yuhiwati-Sarto hanya mengantongi 39 suara dan di TPS 11 hanya 19 suara.

Di sebagian daerah para korban lumpur Lapindo, pasangan Saiful-Hadi juga menang. Sebagai contoh, di TPS 1 Desa Siring, Kecamatan Porong, mereka menang telak dengan 247 suara dan di TPS 2 sama pasangan ini juga unggul 187 suara. Sementara itu, keempat pasangan lainnya hanya mampu mengumpulkan suara di bawah 40.

Korban lumpur Lapindo yang kini membangun permukiman baru Renojoyo Regency, Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, sebagian besar juga memilih pasangan Saiful-Hadi. Di TPS 07, Desa Kedungsolo, Kecamatan Porong, Saiful-Hadi memimpin dengan perolehan 269 suara disusul pasangan Yuniwati-Sarto 104, pasangan Emy-Khulum 21 suara, pasangan Bambang-Khoirul 13 suara, dan pasangan independen Agung-Wachid dua suara.

Dari pemantauan di lapangan, kekalahan pasangan Saiful-Hadi terjadi di basis suara pasangan Bambang-Khoirul. Di TPS 11, Desa Sukolegok, Kecamatan Sukodono, tempat calon bupati Bambang Prasetyo Widodo mencoblos, pasangan Bambang-Khoirul unggul dengan perolehan 277 suara, disusul Saiful-Hadi 97 suara, Yuniwati-Sarto 7 suara, Emy-Khulum 6 suara, dan pasangan independen Agung-Wachid 4suara,

Sujud syukur

Sementara itu, hasil hitung cepat Dewan Pengurus Daerah Partai Keadilan Sejahtera Sidoarjo juga menunjukkan pasangan Saiful-Hadi unggul. Berdasarkan hasil survei pada 100.0017 surat suara atau sekitar 7,78 persen dengan surat suara sah 93.679 suara (93,66 persen), pasangan ini unggul 61,03 persen, disusul Bambang-Khoirul 19,38 persen, Emy-Khulum 9,16 persen, Yuniwati-Sarto 7,12 persen, dan Agung-Wa-chid 3,09 persen.

Dengan keunggulan sementara ini, pasangan Saiful-Hadi langsung melakukan sujud syukur di kantor Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa Sidoarjo, Jalan Airlangga, Sidoarjo. Para simpatisan dan pendukung pasangan ini turut tumpah-ruah merayakan kemenangan sementara pasangan usungan mereka.

“Kami bersyukur dengan perolehan suara sementara ini. Kami juga mengimbau agar para pendukung kami tak berlebihan menyikapi hasil sementara ini,” kata Saiful Hah selepas melakukan sujud syukur.

Secara terpisah, Bupati Sidoarjo Win Hendrarso mengatakan, ke depan bupati terpilih Sidoarjo dihadapkan pada beberapa pekerjaan berat, seperti penambahan penduduk Sidoarjo yang pesat, pembangunan infrastruktur, dan pengembangan pusat grosir produk pertanian, Puspa Agro Jatim. (ABK)

Sumber: Kompas, 26/07/10

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo