W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Syaiful Unggul Telak

Prediksi banyak pihak soal pemenang pilkada Sidoarjo, sepertinya menjadi kenyataan. Pasangan Saiful Ilah-M.G. Hadi Sutjipto (Suci) yang selama ini sering disebut bakal keluar sebagai pemenang untuk sementara unggul jauh meninggalkan pesaing-pesaingnya.

Paling tidak, itulah gambaran yang terekam dari , penghitungan suara di TPS-TPS yang banyak dimenangkan jago PKB tersebut.

Fakta itu diperkuat lagi oleh real count yang dirilis DPD PKS Sidoarjo tadi malam.

PKS yang menjadi pendukung Suci memang menempatkan kadernya di seluruh TPS, 2.689 TPS. Berdasar laporan mereka yang tadi malam mencapai 100 persen, Suci berhasil mengumpulkan dukungan 60,38 persen atau 495.568 suara. Posisi kedua ditempati pasangan Bambang Prasetyo Widodo-Khoirul Huda (BPW-Huda) dengan 146.421 suara (17,84 persen). Pasangan Emy Susanti-Khulaim Junaidi (Mikul) meraih 91.021 suara (11,09 persen). Yuniwati Teryana-Sarto (YS) memperoleh 60.325 (7,35 persen). Pasangan dari calon independen, Agung Subaly dan Samsul Wahid, memperoleh suara paling sedikit. Yaitu, hanya 27.143 suara atau 3,34 persen.

Hasil Quick Count Pilkada Sidoarjo 2010 - DPD PKS Sidoarjo

Ketua DPD PKS Sidoarjo Aditya Nindyatman menjelaskan bahwa DPD PKS tidak hanya menempatkan kader di tiap TPS. Ada juga koordinator di tiap kelurahan dan kecamatan. “Insya Allah, hasil yang kami rilis tersebut adalah data yang valid dan sama dengan KPU,” ujarnya.

Aditya menjamin data tersebut tidak ditambah maupun dikurangi dengan tujuan memenangkan calon yang didukung PKS, Suci. “Semuanya berdasar data rill di tiap TPS,” tegasnya.

Ada pasangan calon lain yang mengadakan quick count.Yakni, BPW-Huda. Tapi, hasil penghitungan tim yang disewa pasangan tersebut tidak dibuka untuk umum.

Soal rilis real count yang dilakukan PKS, anggota KPUD Bima Areisdianto menyatakan tidak berkeberatan. Meski demikian, hasil pasti tentang pemenang pemilihan bupati adalah yang dirilis KPUD Sidoarjo pada 28 Juli nanri. Hasil itu berdasar penghitungan manual yang dilakukan KPUD.

Bimo yakin, hasil penghitungan PKS tidak akan menimbulkan keributan. Sebab, real count tersebut didasarkan pada data asli di lapangan. Kalaupun dimanipulasi, ada saksi lain di tiap TPS. Jadi, kecurangan pasti langsung diketahui.

Kapolres Sidoarjo AKBP M. Iqbal kemarin mendatangi seluruh pasangan calon. Dia meminta pasangan calon, terutama yang merasa sudah menang, tidak merayakan kemenangan secara berlebihan. Termasuk massa yang mereka miliki. Pihak yang kalah juga diminta tidak melakukan perbuatan anarkistis. “Itu dilakukan demi ketertiban masyarakat agar tidak terjadi huru-hara,” ujarnya.

Terpisah, tampaknya, pasangan Suci optimistis bakal menang dalam satu putaran. Kemarin sore pasangan yang diusung PKB tersebut meng-adakan konferensi pers sehubungan dengan kemenangan mereka. Mereka mendeklarasikan kemenangan di gedung DPC PKB Sidoarjo. Ketua DPWPKB Jawa Timur Imam Nachrawi serta jajaran petinggi DPC PKB Sidoarjo, DPD PKS Sidoarjo, dan para anggota tim pemenangan nadir dalam acara tersebut.

Sebelum mendeklarasikan kemenangan, pasangan itu mengadakan syukuran bersama tim sukses dan pendukungnya. Acara di kantor DPC PKB itu diwarnai isak tangis dari pasangan Suci dan tim pemenangan.

Saiful menyatakan, berdasai real count yang dilakukan timnya, Suci mengumpulkan lebih dari 60 persen suara. “Kami tentu harus menunggu hasil penghitungan resmi dari KPU,” ujarnya.

Saiful meminta para pendukungnya tidak melakukan kegiatan hura-hura dalam merayakan kemenangan. Dia menjanjikan beberapa hal yang terkait dengan kemenangannya. Yang pertama adalah penanganan jalan arteri dan tol Porong. Yang kedua adalah penanganan korban lumpur. “Kami akan memfasilitasi korban lumpur serta memprioritaskan mereka,” terangnya. (sha/eko/cl2/nw)

Sumber: Jawa Pos, 26/07/10

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo