W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Teman

LilindanBuku“Keinginan kita yang utama dalam hidup adalah ada seseorang yang bisa membuat kita melakukan apa yang mampu kita lakukan; inilah jasa seorang kawan.” (Ralph Waldo Emerson)

Siapa yang bisa memperkirakan nilai pengaruh baik yang dibenkan oleh seorang kawan? Kawan yang setia adalah salah satu stimulator terbesar bagi manusia. Pengabdian yang diberikan oleh kawan semacam ini tak bisa kita rasakan melalui bertambah atau berkurangnya kekayaan kita. Sebagai bukti, kawan seringkali lebih banyak memperlihatkan artinya pada masa-masa malang daripada masa kelimpahan.

Kita semua harus mengabdikan lebih banyak waktu untuk penggalian persahabatan yang sejati. Salah satu alasan yang membuat banyak orang yang tak memiliki lebih banyak kawan adalah kenyataan bahwa mereka hanya memiliki begitu sedikit untuk bisa diberikan. Di lain pihak, kita punya kecenderungan untuk mengharapkan sesuatu dari kawan-kawan kita. Persahabatan yang abadi harus didasarkan pada rasa saling menghormati keseluruhan diri yang lain, bukannya terhadap apa yang ia miliki.

Sahabat sejati adalah seseorang yang membangun diri kita dan bukannya menghancurkan kepercayaan diri kita. Kawan yang membangun ini bisa membuat kita menggandakan daya untuk pemenuhan hasrat hati kita.

Banyak orang yang sedih hanya karena hidup terpisah dari kawan-kawannya. Ada obat dalam persahabatan yang bisa menyembuhkan beribu-ribu penyakit. Ada suatu daya di dalam simpati lembut dari kawan yang bisa menghapuskan gelapnya keputusasaan dan menimbulkan cahaya harapan dan keceriaan untuk menjalani hidup sekali lagi.

Pada gares besarnya, persahabatan terletak pada kekaguman. Untuk mendapatkan banyak kawan, kita perlu mengembangkan kualitas yang akan menarik kualitas mulia pada diri orang lain.

Kita hanya mendapatkan apa yang kita berikan,” kata Marden. “Kawan-kawan kita adalah panen dari persahabatan yang kita tanamkan. Jika benihnya jelek, panennya juga jelek. Orang yang kaya dalam persahabatannya telah menanamkan kekayaan berupa simpati, minat, kegaguman, kesediaan membantu dan cinta.

Sumber: Sidney Newton Bremer, Ph.D, “366 Esai untuk Memotivasi Diri,” PT. Pustaka Binaman Pressindo, Jakarta, 1993.

Dipublikasi ulang oleh Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: