W3vina.COM Free Wordpress Themes Joomla Templates Best Wordpress Themes Premium Wordpress Themes Top Best Wordpress Themes 2012

Waralaba: Ancam Pedagang Lokal

Aditya NindyatmanKian menjamurnya toko waralaba membuat pedagang lokal memutar otak lebih keras. Sebab, kehadiran toko waralaba itu membuat para pedagang lokal kewalahan. Pembeli lebih memilih pergi ke toko waralaba daripada ke warung tradisional maupun pasar. Otomatis, banyak pedagang yang merugi.

“Dulu orang-orang cukup ke sini, di dekat rumah, kalau belanja. Sekarang, mereka hanya mau ke toko-toko besar yang mulai bermunculan,” ujar Listiyanto, salah seorang pemilik toko kelontong di daerah Sidoarjo Kota.

Padahal, menurut dia, harga-harga yang ditawarkan tokonya lebih murah. Sepertinya, berbelanja di toko waralaba menjadi gaya hidup tersendiri. Apalagi, toko waralaba kini masuk hingga ke pelosok desa sehingga mudah dijangkau.

Sekretaris Komisi B Aditya Nindyatman menyatakan, memang sudah waktunya membuat peraturan tentang pendirian toko waralaba. Hal itu dilakukan untuk melindungi pedagang lokal agar tetap bisa eksis dan bertahan. Jika tidak, pengangguran dari sektor perdagangan akan bertambah. (sha/cl2/ib)

Sumber: Metropolis Jawa Pos hal. 41, 10/01/11

Dipublikasi ulang Admin DPD PKS Sidoarjo

Konten lainnya: